18 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan yang Jarang Dimanfaatkan

Aquariafunds.com Manfaat asam jawa – Asam jawa dikenal sebagai bumbu masak, namun ternyata pada beberapa daerah di jawa. Asam jawa justru dijadikan sebagai makanan pengganti permen. Tumbuhan asam jawa ini masuk dalam suku Fabaceae (Leguminosae) yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica. Pohon ini termasuk dalam tumbuhan tropis, jadi sangat mudah untuk beradaptasi dengan iklim di Indonesia. Dahulu memang banyak sekali pohon asam tumbuh. Didesa saya sendiri ada dua buah pohon asam jawa yang tumbuh tinggi berusia ratusan tahun. Sayangnya sebuah pohon yang menjadi ikon desa, karena letaknya ditengah jalan pertigaan akhirnya roboh tak kuat menahan hembusan angin karena bagian bawah pohon yang sebenarnya sudah lapuk dimakan rayap. Antara dua pohon ini memiliki rasa yang berbeda. Jika pohon asam jawa yang berada pada pertigaan jalan ini memiliki rasa asam walaupun sudah matang, berbeda dengan pohon asam jawa yang letaknya berdekatan dengan area pemakaman yang memiliki rasa lebih manis. Mungkin saja berasal dari dua jenis pohon yang berbeda, atau kondisi tanah yang mempengaruhi rasa dari buah asam ini.

Manfaat asam jawa selain dikenal untuk masak, sejak zaman dahulu digunakan sebagai obat sariawan. Hal ini membuktikan bahwa asam jawa memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Namun bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, daun asam jawa juga dapat digunakan untuk obat herbal, seperti meredakan demam.

Karakteristik Tanaman Asam Jawa

Pohon asam jawa dapat tumbuh besar mencapai diameter 2 meter. Ukuran batang yang semakin besar, juga manandakan semakin tua umur pohonnya. Pohon asam juga akan tumbuh tinggi mencapai 10-15 meter. Untuk pertumbuhannya sendiri lebih lambat dibandingkan pohon lainnya seperti mangga atau rambutan. Untuk daunnya berukuran kecil kira-kira 1 cm. Sedangkan untuk buah asam sendiri bentuknya biasanya diisi 3 hingga 5 buah biji asam yang dibungkus dengan daging buahnya. Siapa sangka manfaat asam jawa ternyata sangat banyak. Sewaktu masih muda buah berwarna hijau, kulit dan daging buah masih sulit untuk dikelupas. Namun saat sudah matang, kulit akan terpisah dari daging buah, kulitnya berwarna coklat dan sangat mudah untuk membukanya seperti cangkang telur. Untuk rasanya sendiri biasanya asam, namun entah mengapa pohon asam yang berada didekat pemakaman memiliki rasa yang tidak biasa, rasa manis.

Asam jawa ternyata selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur yang sangat populer, ternyata banyak menyimpan kandungan kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya kandungan asam jawa tersebut adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, zat besi, vitamin A,B, C, air, fosfor dan lain-lain. Daging buahnya ini mengandung bermacam-macam zat asam, diantaranya asam tatrat, malat, sitrat, suksinat, dan asetat. Zat asam ini berkhasiat sebagai pencahar, untuk melancarkan buang air besar dan peredaran darah. Sementara kandungan flavonoid yang terdapat pada daunnya menjadikan daun asam jawa ini sebagai antiradang dan menghilangkan rasa sakit.

manfaat asam jawa gambar
Manfaat Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa khasiat asam jawa yang dapat kita gunakan untuk mengatasi beberapa penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Baik buah ataupun daun memiliki manfaat yang besar dan tidak boleh dianggap remeh. Berikut ini kegunaan asam jawa ;

Mengobati eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang menyebabkan kulit terasa gatal dan melepuh. Untuk pengobatannya kita siapkan segenggam asam jawa, umbi temulawak dan gula aren secukupnya. Kemudian tumbuk semua bahan lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu minum. Lakukan pengobatan ini dua hari sekali. Untuk pengobatan luar, siapkan 1 genggam daun asam jawa yang masih muda dan rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan atau dibalurkan pada kulit yang sakit.

Mengobati Disentri
Disentri merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Tanda-tanda seseorang terkena disentri ialah sering mengalami mulas, buang air besar sering disertai darah. Untuk mengobati disentri dengan asam jawa kita siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram masing-masing untuk temulawak dan kunyit. Tambah segelas air hangat, aduk dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum dan lakukan secara rutin.

Mengobati Darah Rendah
Tidak suka dengan daging kambing?. Coba lirik manfaat asam jawa untuk mengobati hipotensi ini.Kita gunakan asam jawa untuk mengatasi darah rendahmu. Siapkan 5 gram asam jawa, 250 gram bayam bisa juga diganti daun singkong atau daun pepaya, 10 gram gula aren, 50 gram bawang merah, 10 cabe rawit. Rebus daun, jangan terlalu lama agar tidak mengurangi kandungan zat didalamnya. Campurkan bahan lainnya untuk dibuat sambal. Lalapan daun siap disajikan dengan sambel pedas, bukan hanya mengobati darah rendah, tapi juga mengatasi rasa lapar bukan?.

Mengatasi Demam Akibat Nifas
Nifas merupakan darah yang keluar pada wanita setelah melahirkan, biasanya ada beberapa wanita yang kondisinya tidak stabil dan berujung menurunnya stamina tubuh. Untuk mengatasinya kita dapat membuat minuman herbal dari asam jawa dan gula aren. Sediakan satu jari asam jawa dan gula aren secukupnya. Kemudian asam dan gula aren diseduh dengan satu gelas air panas. Setelah agak hangat, airnya diminum sekaligus. Minum secara rutin.

Manfaat Asam Jawa untuk Perawatan Kulit

Menghilangkan jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang sering dialami. Jerawat akan mengurangi rasa percaya diri, khususnya untuk wanita. Karena wanita memang selalu ingin tampil cantik. Buat kamu yang ingin menghilangkan jerawat dari dalam, kamu bisa coba ramuan herbal dari asam jawa berikut ini. Bahan: 12 lembar daun sambiloto, 10 iris temulawak, 5 cm kencur, 1 sendok teh adas, dan 10 lembar daun jintan, semua bahan dicuci. Asam kawak sebesar ibu jari orang dewasa. Cara pengobatan: Semua bahan ditumbuk hingga halus, dan tambahkan asam kawak. Seduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali sehari. Baca selengkapnya tentang Cara Menghilangkan Jerawat Cepat

Mencerahkan Kulit
Untuk mencerahkan kulit dengan asam jawa, kita pisahkan daging buah asam dari bijinya. Kemudian campurkan dengan satu sendok kunyit bubuk. Tambahkan sedikit air hingga terbentuk masker. Gunakan masker ini pada malam hari sebelum tidur. Lakukan secara konsisten.

Itulah 6 manfaat asam jawa untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan, namun masih banyak lagi manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh kita. Seperti menghilangkan selulit, mengangkat sel kulit mati, mengobati penyakit campak, mengobati gatal, mengobati demam, mengobati borok, mengobati rematik, mengobati gatal alergi dan biduran, obat sakit perut, mengobati sariawan, menurunkan kolesterol. Jika kamu mengetahui informasi lainnya seputar khasiat asam jawa, jangan lupa untuk menginformasikan pada kami. Agar lebih banyak yang tahu tentang manfaat asam jawa.

Baca juga :

Cara Baru Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Cara Cepat Menghilangkan Komedo Hitam yang Mengganggu

9 Manfaat Daun Bidara yang Tidak Kamu Ketahui