9 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui

jamu-daun-pepaya

Daun pepaya terkenal memiliki rasa yang pahit, namun dibalik rasa yang pahit tersebut banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Jika kita mengolahnya dengan benar, maka rasa pahit tersebut akan sedikit hilang sehingga enak untuk disajikan bersama menu lalapan. Tidak sedikit yang menyukai daun pepaya ini untuk menu makanan meskipun dengan ciri khas rasa pahit. Daun pepaya biasanya disajikan bersama dengan bunganya.

Buah pepaya memang salah satu jenis buah yang sangat cocok ditanam dan dibudidayakan di daerah tropis, sehingga sangat mudah untuk menemukan tanaman ini di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Kebanyakan tanaman pepaya di tanam di pekarangan rumah atau bisa juga khusus ditanam untuk komoditi yang menghasilkan.

Dengan meningkatnya angka kejadian demam berdarah, dibutuhkan biaya untuk perawatan berobat. Dan daun pepaya adalah solusi paling murah untuk mengatasinya. Bukan hanya terbukti efektif dalam memerangi gejala demam berdarah, tetapi juga dalam menyembuhkan itu. Selain itu, juga memiliki sifat anti-kanker serta manfaat kesehatan lainnya.

Karena daun pepaya cukup pahit rasanya, maka dapat dikombinasikan dengan jus buah lainnya. Anda dapat membuat sari daun pepaya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Ambil beberapa daun pepaya berukuran sedang yang dicuci bersih untuk menghilangkan getahnya dan dikeringkan. Potong dan tempatkan dalam panci dengan ditambah sekitar 2 liter air.
Rebus air dan daun, dan didihkan tanpa tutup sampai air berkurang setengah.
Sekarang saring cairan dan menyimpannya dalam wadah kaca. Hal ini dapat didinginkan dan disimpan selama 3 sampai 4 hari. Tapi diminum saat itu juga selalu lebih baik.
Air rebusan daun pepaya harus dibuang jika berubah menjadi keruh.
Atau, daun pepaya dapat dibuat jus dengan blender daun pepaya setelah menghilangkan batang dan bagian berserat lainnya.
Meskipun jus ini sangat bermanfaat, tapi harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, tidak boleh dikonsumsi dengan stimulator tiroid atau Co-enzim Q10. berikut ini 9 manfaat daun pepaya untuk kesehatan :

Obat Penambah Nafsu Makan
Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada anak yang susah makan.

Melancarkan Pencernaan
Cukup mengkonsumsi rebusan daun pepaya atau diolah menjadi tumis maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.

Mengobati Nyeri Saat Haid
Bagi anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan nyeri haid, cobalah ramuan tradisional daun pepaya. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.

Menghilangkan Jerawat Di Wajah
Cara alami mengobati jerawat menggunakan daun pepaya adalah tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih.

Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat daun pepaya selanjutnya ialah mencegah kanker. Mengkonsumsi masakan daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker.

Mengempukkan Daging
Manfaat lain daun pepaya adalah membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan remasan daun pepaya lalu diamkan beberapa saat kemudian baru dimasak.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

Mengobati Demam Berdarah
Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun pepaya tersebut.

Melancarkan ASI Ibu Menyusui
Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun pepaya muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.