Cara Mengatasi Insomnia Gangguan Susah Tidur

Aquariafunds.com Cara mengatasi insomnia – Insomnia merupakan gangguan waktu tidur yang menyebabkan ketidakmampuan seseorang untuk menstabilkan waktu tidur. Secara singkat insomnia merupakan gangguan yang membuat seseorang selalu tidur larut malam. Kebutuhan waktu tidur setiap orang tentu berbeda-beda. Setiap orang wajar jika pernah mengalami gangguan tidur sehari atau dua hari. Namun jika gangguan tidur ini terjadi berhari-hari, anda patut waspada terkena insomnia. Buat kamu yang punya masalah dengan insomnia, baca artikel ini sampai selesai, karena diakhir artikel akan kami bagikan tips ampuh untuk mengatasi insomnia kamu.

Jam tidur orang indonesia rata-rata pada pukul 21.00 atau 22.00. Dengan tidur berkualitas kita dapat mudah bangun pada pukul 02:00 atau 03:00. Namun jika Anda sering begadang pada malam hari, maka otomatis hal ini akan menyebabkan terganggunya siklus tidur Anda. Orang yang bangun pada pukul 2 hingga 5 dini hari biasanya mempunyai tingkat kesehatan yang lebih bugar dibandingkan orang yang sering begadang. Bangun lebih dari jam 6 pagi biasanya akan menyebabkan badan kita mudah lelah, saat bangun tidur pun badan kita akan merasakan lelah, berbeda jika kita bangun saat subuh.

cara mengatasi insomnia gambar
Cara Mengatasi Insomnia

Dalam jangka pendek mungkin tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan penderita insomnia, namun untuk jangka panjang tentunya akan sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Terlebih lagi untuk anak-anak yang masih muda, biasanya menyepelekan bahaya insomnia untuk jangka panjang. Pada jangka pendeknya biasanya seseorang yang mengalami insomnia akan mengalami penurunan produktivitas kerja, mengganggu pelajaran saat disekolah untuk para pelajar.

Jenis Insomnia

Penyakit insomnia dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan waktunya. Berikut ini 3 jenis insomnia yang sering menyerang kita:

  1. Insomnia inisial : merupakan keadaan dimana kita susah untuk mulai tidur. Jenis insomnia ini merupakan yang paling banyak dialami. Biasanya penderita akan mulai tidur setelah larut malam atau menjelang pagi.
  2. Insomnia intermiten : merupakan keadaan dimana kita sering tiba-tiba terbangun pada tengah malam. Sering tiba-tiba terbangun pastinya akan membuat jam tidur kita berkurang.
  3. Insomnia terminal : Jenis insomnia yang satu ini merupakan kondisi dimana kita kesulitan untuk kembali tidur setelah terbangun lebih awal. Terbangun lebih awal sekitar jam 2 atau 3 pagi tidak akan menjadi masalah jika pukul 9 malam kita sudah masuk waktu tidur. Namun akan jadi masalah jika kita tidur larut malam namun terbangun juga lebih awal. Kondisi tubuh kita akan lemah dan mudah lelah atau bahkan lebih mudah terserang penyakit.

Penyebab Insomnia

  1. Pola hidup yang tidak teratur, sering bekerja shift malam, jarang berolahraga, sering begadang
  2. Stress
  3. Gangguan kesehatan fisik, terkena penyakit, asma, mendengkur
  4. Faktor lingkungan terutama daerah dekat dengan kawasan pabrik atau jalur kereta api
  5. Tidur siang berlebihan
  6. faktor usia, biasanya semakin tua maka waktu tidur menjadi lebih sedikit serta tidak merasakan kenyamanan jika tidur terlalu lama
  7. Makanan minuman serta obat-obatan.

Gejala Insomnia

Untuk menentukan kebutuhan waktu tidur (siklus tidur) seseorang tidaklah sama. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti gaya hidup, usia, rutinitas, lingkungan, serta pola makan. Banyak orang dengan tidur 4 jam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan waktu tidurnya. Faktor yang paling penting ialah kualitas tidur. Namun secara umum berikut ini tanda-tanda insomnia :

  1. Susah untuk memulai tidur walaupun sudah lebih dari tengah malam.
  2. Sering tiba-tiba terbangun dimalam hari
  3. Saat bangun merasakan lemas dan masih mengantuk
  4. Biasanya akan merasakan rasa kantuk yang luar biasa setelah waktu subuh, menjelang jam 10 pagi atau saat siang hari.
  5. Sering merasa cemas berlebihan.

Cara Mengatasi Insomnia Mudah

Cara yang paling pas untuk mengatasi insomnia ialah dengan mengubah gaya hidup lebih sehat. Berikut ini beberapa tips mengobati insomnia yang dapat kamu praktekan untuk mengatasi insomnia :

  1. Buat waktu tidur yang teratur
    Karena pada dasarnya insomnia merupakan gangguan tidur yang kurang dalam jumlah waktu tidur maka dari itu kita akan membuat perencanaan untuk memulai waktu jam awal tidur. Jika kamu terbiasa tidur tengah malam, usahakan untuk memulai tidur pada jam 9 malam. Jika kita sudah membuat pengaturan awal mulai tidur, langkah kedua ini bisa kita terapkan.
  2. Tidur dengan tempat yang nyaman
    Syarat yang kedua ialah kondisi tempat tidur yang nyaman. Kondisi tempat tidur yang nyaman dan luas tentu akan membuat kita bebas bergerak saat tidur sehingga tidak membuat kita salah posisi tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.
  3. Tidur dengan kondisi lampu mati
    Tidur dengan lampu mati menurut saya merupakan cara mengatasi insomnia paling ampuh. Dalam keadaan gelap, tubuh kita akan lebih rileks sehingga akan lebih mudah memulai tidur. Pada saat bangun tidur, efek yang dirasakan juga berbeda, tanpa lampu kita akan lebih bugar dan segar saat bangun, berbeda dengan tidur masih menyalakan lampu. Saat terbangun tubuh masih merasakan lelah dan mengantuk. Hal ini disebabkan walaupun kita tidur, mata kita masih menangkap spektrum lampu yang menyebabkan otak kita masih bekerja seperti biasa. Jadi tidak 100% kita tidur.
  4. Minum susu sebelum tidur
    Bukan rahasia lagi jika susu dapat menenangkan dan membuat tubuh kita rileks. Dengan rutin mengkonsumsi susu kebutuhan kalsium kita juga akan terpenuhi.
  5. Kurangi kafein dan stimulan lainnya
    Kafein merupakan zat yang mampu meningkatkan kinerja otak, serta menekan rasa kantuk. Tak salah jika banyak orang menggunakan kopi sebagai senjata untuk melawan kantuk. Memang benar jika kafein dalam kopi dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika kita sering mengkonsumsi kopi saat malam hari, maka dapat menyebabkan insomnia karena tidak merasakan kantuk. Jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, mulai sekarang hindari minum kopi saat malam hari.
  6. Kurangi makanan pedas
    Jika kamu ingin mendapatkan tidur berkualitas dan mengatasi anemia, mulai sekarang kurangi makan makanan pedas terutama di malam hari. Makanan pedas dapat membuatmu mengalami insomnia intermiten (tiba-tiba terbangung saat tengah malam).
  7. Berolahraga teratur
    Menurut penelitian, rajin berolahraga dapat membantu mengatasi susah tidur. Dengan berolahraga membuat sistem metabolisme tubuh tetap terjaga, pasokan oksigen lebih banyak sehingga menyehatkan setiap sel tubuh. Olahraga juga membuat kita lebih rileks, lakukan olahraga di pagi hari agar tidur anda lebih berkualitas.
  8. Relaksasi
    Mengalami hari-hari yang penuh tuntutan pekerjaan dan hal yang membuat stress dapat menyebabkan kamu insomnia. Membawa pulang kerjaan dikantor untuk lembur dirumah juga dapat menambah beban pikiran kamu. Hargai tubuh dan pahami kondisi tubuhmu. Berikan tubuh waktu untuk istirahat, dengan istirahat produktivitas kita juga akan meningkat. Sholat dan tidur siang dalam jangka waktu pendek turut meningkatkan produktifitas dan mencegah beban pikiran kita. Berlibur sesekali tidak ada salahnya ditengah rutinitas yang menyibukkan.
  9. Jangan tidur siang terlalu lama
    Untuk kamu yang sering tidur siang, kamu berpotensi untuk mengalami amnesia. Tidur 1 jam saat siang hari sudah cukup untuk mengembalikan stamina dan menyegarkan tubuh kita.

Itulah 9 tips mengatasi insomnia yang dapat kami bagikan dengan kamu. Untuk kamu yang ingin mengobati susah tidur, kamu bisa praktekkan langkah ini “Tetapkan awal waktu tidur, semisal jam 9 malam. Kemudian saat jam 8 malam, minum susu terlebih dahulu. Tepat jam 9 kita menuju pembaringan dengan kondisi tempat tidur yang nyaman, jauhkan dari handphone atau benda lainnya. Pastikan tempat tidur kita bebas dari benda lainnya yang tidak semestinya berada pada tempat tidur. Matikan lampu dan mulailah tidur. Lakukan secara rutin dalam 7 hari. Dengan melakukan kebiasaan ini secara berulang-ulang, biasanya tubuh akan secara otomatis menerjemahkan siklus ini dan secara ajaib kita akan merasa ngantuk saat jam menunjukkan pukul 9”. Semoga bermanfaat, jika kamu mempunyai pengalaman seputar tips mengatasi insomnia, jangan lupa untuk berbagi dengan kami.

Baca juga :
18 Manfaat Asam Jawa
9 Manfaat Daun Bidara
7 Cara Menghilangkan Komedo Alami
17 Cara Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat
15 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Alami