Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan Dengan Cepat

manfaat jeruk lemon
manfaat jeruk lemon

Apakah anda seudah mengetahui cara mengobati sakit tenggorokan yang efektif? Sakit ternggorokan ini biasanya terjadi karena adanya peradangan, oleh karena itu mayasrakat sering menyebutnya dengan radang tenggorokan. Radang tenggorokan bisa sangat menggangu jika tidak segera diobati, namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana mengatasi sakit tenggorokan yang baik dan efektif. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai apa saja yang telah saya pelajari untuk mengatasi radang tenggorokan, saya mulai dari definisi terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan gejala umum yang menyebabkan sakit tenggorokan dan dilengkapi tips mengatasinya.

Sakit tenggorokan dalam dunia medis disebut dengan Faringitis yang berati peradangan pada bagian belakang tenggorokan (faring). Bakteri yang biasanya menyebabkan peradangan adalah streptococcus. Penyebab lainnya adalah infeksi virus. Virus yang biasanya menyebabkan radang tenggorokan adalah virus campak, mononucleosis, dll. Selain infeksi bakteri dan virus peradangan pada tenggorokan bisa disebabkan oleh hal lain yang akan saya bahas lebih lengkap pada materi penyebab radang tenggorokan.

Anda perlu memahami penyebab apa yang membuat tenggorokan sakit. Sakit tenggorokan yang terjadi karena bakteri streptococcus perlu mendapatkan penanganan segera, bakteri strptocossus bisa menimbulkan komplikasi jika tidak segera diberantas hingga tuntas. Komplikasi yang disebabkan oleh bakteri ini biasanya berupa penyakit jantung rematik dan penyakit ginjal. Cara mengobati sakit tenggorokan yang disebabkan oleh Bakteri Steptococcus adalah menggunakan antibiotik penisilin dan amoksisilin. Anda bisa menanyakan resep ke dokter mengenai penggunaan dosis antibiotik ini. Harap berhati-hati jika menggunakan obat antibiotik, usahakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Harap dicatat juga, biasanya orang akan menghentikan penggunaan antibiotik ini ketika sudah merasa sembuh sedangkan obatnya masih tersisa. Jika hal tersebut sering anda lakukan sebaiknya anda mengubah kebiasaan tersebut. Usahakan untuk tetap menghabiskan seluruh obat yang dianjurkan oleh dokter agar tidak setengah-setangah sembuhnya, karena penyakit ini bisa kambuh lagi.

Pada paragraf sebelumnya saya memberikan tips cara mengobati sakit tenggorokan menggunakan antibiotik. Saya ingin memberikan alternatif lain berupa bahan alami yang bersifat dari alam. Anda bisa menggunakan bahan-bahan dari alam untuk menggantikan antibiotik bila ingin mengurangi efek samping yang ditimbulkan.

A. Menggunakan Larutan Air Garam

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli medis, larutan air garam bisa membantu mengatasi peradangan pada tenggorokan. Langkah ini biasanya dianjurkan oleh dokter untuk pertolongan pertama ketika sakit tenggorokan. Cara penggunaannya tinggal melarutkan satu sendok teh dengan air hangat kemudian aduk hingga menjadi larutan. larutan tersebut kemudian digunakan untuk berkumur dengan posisi kepala menengadah keatas. Anda tidak perlu khawatir jika larutan tersebut tertelan namun usahakan untuk tetap digunakan sebagai larutan berkumur selama 20 – 60 detik.

B. Jus Belimbing

cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat adalah menggunakan belimbing. Belimbing mempunyai sifat anti peradangan sehingga ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan. Cara penggunaannya tinggal blend belimbin dengan air kemudian bisa dikonsumsi 3 kali sehari

C. Sup Ayam

Makanan yang paling tepat saat anda menderita sakit tenggorokan adalah sup ayam. Pada saat tenggorokan anda sakit, anda pasti merasa tenggorokan anda tidak nyaman untuk menelan makanan sehingga sup ayam menjadi makanan yang pas untuk anda. Kandungan kaldu dalam sup ayam berkhasiat sebagai anti inflamasi karena mengandung cukup natrium yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan.

D. Minum Jahe ditambah Madu dan Lemon

Ketiga bahan ini sangat cocok untuk mengatasi radang tenggorokan. Madu merupakan antibakteri alami, sedangkan lemon berkhasiat mengatasi peradangan keduanya bisa dicampurkan kedalam segelas jahe hangat untuk mengurangi rasa gatal yang terjadi di bagian tenggorokan.

Baca juga : Faktanya Kandungan Air Kaktus Bermanfaat untuk Kesehatan