Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Manfaat daun salam bagi kesehatan – Dikenal dengan nama latin Syzgium polyanthum, daun salam selain digunakan sebagai bumbu atau rempah – rempah masakan di Indonesia, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Daun salam memiliki kandungan vitamin A, vitamin B yang kompleks dan vitamin C yang cukup tinggi serta terdapat pula kalsium, zat besi, minyak atsiri, eugenol, sitral, flavonoida dan tannin.

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang pertama adalah untuk obat maag alami. Daun salam dipercaya dapat mengatasi penyakit maag ringan sampai maag akut. Cara meracik daun salam untuk obat maag cukup mudah, Anda hanya perlu merebus 15 sampai 20 lembar daun salam dengan ½ liter air. Pastikan Anda merebusnya sampai mendidih. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan gula aren secukupnya pada rebusan salam. Tunggu hingga rebusan dingin dan Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap hari sampai maag Anda mereda.

Mencegah Penyakit Kanker
Daun salam kaya akan vitamin C, vitamin A, mangan, zat besi, kalsium, dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat di dalam daun salam di antaranya adalah kandungan asam caffeic, eugenol, quercetin, dan catechin. Parthenolide merupakan zat fitonutrien yang terkandung di dalam daun salam. Zat ini dipercaya dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker serviks dengan cara menginduksi apoptosis, meminimalkan aktivitas pemicu tumor, dan menghambat tumor yang berhubungan dengan angiogenesis. Untuk mencegah penyakit kanker dengan daun salam, Anda bisa memasukkan dua lembar daun salam dalam setiap masakan atau membuatnya menjadi teh. Baca juga : manfaat daun salam untuk asam urat

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kandungan flavonoida dan juga zat tanin yang cukup tinggi memungkinkan untuk bisa menjadi obat herbal yang dapat mengobati penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Caranya dengan membuatnya menjadi teh.
Cara membuatnya:

-Siapkan kurang lebih 10 lembar daun salam (boleh yang kering atau pun basah).
-Cuci hingga bersih lalu rebus dalam air dengan takaran tiga gelas air putih.
-Tunggu hingga mendidih sampai tersisa hanya satu gelas air saja.
-Dinginkan dan teh pun siap untuk diminum